Letak Geografis

Desa Baleturi  Kecamatan Prambon secara geografis terletak pada 1120 Bujur Timur dan 7046’ lintang selatan. Kependudukan kota Prambon cukup menguntungkan karena terletak pada jalur ekonomi yang menghubungkan Tanjunganom dan Prambon serta antara Kota Prambon sendiri dengan kota Kediri. Kedudukan tersebut juga akan mempermudah komunikasi dengan daerah yang lebih luas lagi. Apabila dilihat berdasarkan jarak dari kota-kota di sekitarnya yang sangat berpengaruh adalah sebagai berikut:

  1. jarak dari kota Nganjuk adalah 26 km
  2. jarak dari kota Kediri adalah 12 km
  3. jarak dari kota Tanjunganom adalah 7,5 km

Kedudukan tersebut didukung oleh jalan beraspal yang merupakan jalur yang penting interaksi manusia dan barang. Adapun batas-batas MAN Prambon dengan wilayah sekitarnya adalah sebagai berikut:

– sebelah utara       : Desa Rowoharjo

– sebelah timur       : Desa Sanggrahan

– sebelah selatan    : Desa Bandung

-sebelah barat        : Desa Nglawak

Toporafi MAN Prambon secara keseluruhan berada pada dataran rendah dan hampir seluruhnya rata, dengan kemiringan rata-rata 0-8% kea rah timur, dengan ketinggian 55 meter DPAL. Keadaan tanah permukaan berupa Alluvial Hidromonf curah hujan terbesar 2.000 m /tahun dan hari hujan 180 hari/tahun dari curah tersebut bulan basah adalah berturut-turut , bulan Desember, Januari,Pebruari, Maret. Sedangkan temperature udara ±250C – 33 0C keadaan iklim daerah tropis.